Kulit Bergelambir dan Kendur setelah Diet? Ikuti Tips Berikut Ini untuk Menghilangkan Secara Cepat

Kulit Bergelambir dan Kendur setelah Diet? Ikuti Tips Berikut Ini untuk Menghilangkan Secara Cepat

Sudah menjalani pola hidup sehat, diet hingga berolahraga, tak lantas membuat seseorang langsung mendapatkan tubuh yang idel. Terlebih jika anda sebelumnya memiliki berat badan yang cukup besar, anda mungkin akan memiliki beberapa bagian kulit yang mengendur akibat kehilangan berat badan.

Hilangnya berat badan atau lemak selama diet terkadang membuat penampilan anda sedikit terganggu dan menurunkan kepercayaan diri bagi sebagian orang. Selain itu, kulit yang mengendur juga menyebabkan beberapa masalah baru seperti ruam atau iritasi kuliy akibat gesekan antara lipatan kulit.

Mengapa Kulit jadi Kendur setelah Diet?

Kulit manusia merupakan suatu organ terbesar yang ada di tubuh manusia. Pada lapisan terdalamanya terdapat beberapa protein termasuk kolagen dan elastin. Kolagen inilah yang membentuk 80% dari struktur kulit, memberikan kekencangan dan kekuatan. Sedangkan elastin memberikan elastisitas dan membantu kulit anda tetap kencang.

Selama penambahan berat badan, kulit akan mengalami pelebaran ruang untuk peningkatan pertumbuhan. Saat hamil, kulit juga akan mengalami hal ini terutama pada bagian perut. Namun kulit yang melebar biasanya memendek dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Berbeda dengan saat proses hamil, pelebaran kulit yang terjadi akibat penambahan berat badan yang berlangsung cukup lama akan lebih susah untuk memendek kembali. Hal ini diakibatkan dalam jangka waktu yang sangat lama tersebut, serat kolagen dan elastin menjadi rusak.

Sehingga saat tubuh mengalami penurunan berat badan yang sangat signifikan, kelebihan kulit tersebut akan menggantung dari tubuh. Maka semakin besar berat badan yang hilang, semakin jelas pula efek kendur yang dialami kulit.

Faktor yang Mempengaruhi Hilangnya Elastisitas Kulit

Hilangnya elastisitas atau elastosis bagi sebagian besar orang sangatlah mengganggu penampilan. Selain itu, hal ini juga akan membuat anda tampak lebih tua karena kulit yang mengendur. Beberapa hal yang sangat mempengaruhi hilangnya elestisitas seperti berikut:

1. Lama Waktu

Seseorang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dalam jangka waktu yang lama, maka akan semakin banyak pula elastin dan kolagen yang hilang.

2. Jumlah Berat Badan yang Hilang

Kehilangan berat badan sekitar 100 pounds atau 46 kg hingga lebih cenderung akan menghasilkan kenduran kulit yang sangat banyak dari rata-rata pengurangan berat badan.

3. usia

Semakin tua usia maka semakin sedikit pula kandungan kolagen pada kulit maka hal ini ini juga berpengaruh pada pengenduran kulit disamping karena hilangnya berat badan.

4. Genetik

Genetik juga mempengaruhi bagaimana kulit saat merespon kehilangan berat badan secara signifikan.

5. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari bertanggung jawab pada 80 persen proses penuaan kulit wajah. Paparan sinar matahari akan menyebabkan kondisi-kondisi seperti kulit terasa kasar dan kering karena kerusahan kolagen.

6. Merokok

Produksi kolagen akan berkurang jika anda melakukan merokok karena kandungan nikotin akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit.

Masalah saat Kulit Mengendur atau Bergelambir

Bagi sebagian besar orang yang mengalami penurunan berat badan yang sangat signifikan, kulit yang mengendur akan mendatangan beberapa masalah baru baik secara fisik hingga emosional:

1. Ketidaknyamanan secara Fisik

Kelebihan kulit mungkin akan mengganggu aktivitas normal sehari-hari karena rasa tidak nyaman yang teramat sangat.

2. Mengurangi Aktivitas Fisik

Suatu studi menunjukkan, setelah meneliti sekelompok orang dengan kulit yang berlebih memiliki kecenderungan untuk mengurangi aktivitas fisik. Hal ini dikarenakan saat gerakan membungkuk atau meraih sesuatu, kelebihan kulit tersebut akan terjepit dan harus diangkat. Terlebih pada bagian perut yang menyebabkan kenduran kulit teramat menganggu.

3. Iritasi dan Kerusakan Kulit

Terdapat 124 orang dalam suatu studi yang menginginkan operasi plastik setelah mengalami kulit yang mengendur, 44% diantaranya dilaporkan merasakan masalah kulit seperti nyeri kulit, bisul bahkan hingga infeksi.

Macam-Macam Kulit Kendur dan Perawatannya

Kulit yang mengendur seringkali terjadi di berbagai area tubuh seperti halnya wajah dan rahang, leher, perut, lengan bagian atas hingga paha bagian dalam. Area-area tersebut memang merupakan tempat penumpukan lemak, sehingga apabila mengalami penurunan berat badan yang drastis maka area tersebut akan tampak lebih jelas kulit yang mengendur.

Untuk melakukan perawatan kulit mengendur tersebut ketahui terlebih dulu tipe seperti apakah kulit. Kulit mengendur bisa diidentifikasi berdasarkan tingkat keparahannya sebagaimana berikut:

a. Minor Sagging (Kulit Kendur Ringan)

Untuk mengencangkan kembali kamu bisa melakukan beberapa latihan yang dapat meningkatkan massa otot dengan cara:

  • Angkat beban. Latihan dengan beban, mesin atau sesederhana pita resistensi (resistance band) bisa meningkatkan massa otot anda.
  • Olahraga yang bisa melatih kekuatan sekaligus kelenturan otot inti tubuh, otot pinggul, lengan dan kaki.
  • Facial exercise. Dilakukan dengan memijat beberapa bagian area wajah seperti dagu, rahang, leher.

Selain itu, kulit kendur ringan bisa juga dikurangi dengan topical treatments menggunakan creams, lotions, dan serum yang mengandung retional yang akan meningkatkan elastisitas di sekitar area mata.

Hasil juga akan didapat secara optimal apabila anda juga menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air putih yang cukup, menggunakan tabir surya dan tidak merokok agar mendapatkan kulit yang nampak lebih segar dan kerutan yang berkurang.

b. Moderate Sagging (Kulit Kendur Sedang)

Perawatan kulit pada tipe ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yang memerlukan penanganan secara medis. Prosedur yang diperlukan bertujuan untuk mengurangi secara optimal kulit kendur yang tidak sedikit. Sehingga bisa dilakukan beberapa prosedur seperti:

  • Terapi laser. Terapi ini bisa membantu dalam meningkatkan produksi kolagen tubuh dan meningkatkan warna kulit secara keseluruhan. Sebagian besar orang akan mendapatkan hasil terbaik setelah melakukan terapi laser beberapa kali. Terapi ini juga bisa sangat bermanfaat untuk mengencangkan lengan bagian atas dan perut.
  • Laser resurfacing. Terapi ini akan sangat efektif namun akan bersifat sangat invasif yang sangat keras. Sehingga proses penyembuhannya juga akan berlangsung lama hingga 2 minggu. Laser ini menghilangkan lapisan terluar kulit dan mengirim hangat hingga lapisan paling dalam. Laser ini juga disebut laser peeling.
  • Microfocused Ultrasound (MFU). Teknik ini akan memberikan panas hingga lapisan terdalam kulit yang akan memicu produksi kolagen dan mengencangkan kulit yang mengendur. Teknik ini juga membutuhkan beberapa bulan untuk melihat hasil yang signifikan dan biasanya bersifat tidak permanen dan bertahan hingga 1 tahun.

c. Significant Sagging (Kulit Kendur Besar)

Jika kenduran kulit sudah di tahap yang teramat parah, maka perawatan yang dilakukan dengan tipe sebelumnya tidak akan optimal. Dibutuhkan suatu tindakan yang cukup ekstrim untuk menghilangkan kulit kendur ini mengingat berat badan yang hilang juga cukup besar.

Beberapa prosedur yang bisa dilakukan diantaranya prosedur bedah yang menghilangkan kulit kendur. Prosedur ini juga termasuk dalam kategori operasi pembentukan tubuh. Sehingga setelah prosedur ini, bekas jahitan akan terlihat jelas dan membutuhkan waktu untuk memulih sekitar 2 minggu hingga 1 bulan.

Prosedur operasi pembentukan badan ini dapat terjadi di berbagai area badan seperti:

  • Tummy tuck (abdominoplasty) atau lipatan pada perut
  • Pengangkatan lengan (brachioplasty)
  • Angkat wajah
  • Angkat leher
  • Angkat tubuh bagian bawah
  • Angkat tubuh bagian atas
  • Angkat paha medial

Tips Mencegah Kulit Mengendur Kembali

Setelah melakukan berbagai cara untuk mengurangi kulit yang mengendur akibat berat badan yang turun, anda perlu menjaga bentuk tubuh yang sudah diidam-idamkan tersebut.

Terdapat berbagai cara untuk mempertahankan kulit agar tidak kembali mengendur sebagaimana berikut:

1. Latihan Angkat Beban

Setidaknya dilakukan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu minggu untuk menjaga otot dan kulit tetap kencang. Hal ini juga akan membakar kalori anda dan mengganti lemak degan otot.

2. Mengoleskan Minyak Almond atau Kelapa pada Kulit

Minyak alami tersebut akan membuat kulit anda tetap kencang dengan mempertahankan kelembaban kulit dan menyingkirkan stretch mark. Terlebih bagi anda yang melakukan prosedur operasi pengangkatan kelebihan kulit, minyak ini bisa memudarkan bekas sayatannya.

3. Yoga

Olahraga yang cukup mampu membuat jiwa dan raga anda bisa merasakan rileks lewat beberapa gerakannya yang cukup simpel. Untuk mempertahankan tubuh agar tetap kencang dan awet muda, berikut gerakan-gerakan yoga yang direkomendasikan untuk anda:

a. Full Wheel

Full Wheel

Gerakan melekukkan punggung ini diklaim dapat menguatkan bagian tulang belakang. Selain itu, gerakan ini akan mengencangkan berbagai bagian tubuh termasuk perut, lengan, kaki dan bahkan bokong.

b. Crane Pose

Crane Pose

Sangat cocok untuk tetap mempertahankan kulit kencang anda di bagian lengan karena posisi ini menahan berat tubuh pada lengan, sedangkan bagian kaki bersilah terangkat ke atas.

c.  Lord of the Dance Pose

Dance Pose Yoga

Gerakan yang cukup energik namun mampu melatih keseimbangan sekaligus menjaga kelenturan tubuh anda. Gerakan ini juga akan mengencangkan kulit anda terutama pada tubuh bagian bawah.

d. Side Plank

Side Plank Yoga

Merupakan alternatif sit-up dengan hasil yang bahkan lebih optimal karena gerakannya menguatkan poros tubuh yang ekstensif dan efektif meratakan bagian abdomen.

 

4. Konsumsi Kolagen

Sebuah studi membuktikan bahwa elastisitas kulit bersama dengan tekstur dan tingkat kelembaban kulit, secara signifikan meningkat setelah 12 minggu mengonsumsi suplemen kolagen cair. Selain itu, kolagen juga mampu mempercepat penyembuhan luka yang diakibatkan saat melakukan prosedur pengangkatan sisa kulit yang mengendur.

Begitulah penyebab kulit mengendur setelah diet yang biasa dialami banyak orang yang memiliki badan gemuk. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasi kulit kendur atau bergelambir agar penampilan anda tetap maksimal dan penuh percaya diri.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/loose-skin-after-weightloss#TOC_TITLE_HDR_6

https://harpersbazaar.co.id/articles/read/1/2017/3270/4-pose-yoga-untuk-membantu-mengencangkan-tubuh

https://www.merdeka.com/sehat/cegah-kulit-mengendur-akibat-berat-badan-turun-begini-cara-mudah-menyiasatinya.html

https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-mengatasi-kulit-kendur-pasca-turun-berat-badan

https://www.healthline.com/health/skin/saggy-skin#minor-sagging